Kamis, 01 Agustus 2013

Perangkat Jaringan Komputer Beserta Fungsinya


Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan komputer : sebuah alat yang terhubung ke jaringan yang berfungsi sebagai jaringan komunikasi data. Macam – macam perangkat jaringan komputer adalah sebagai berikut :
1. Hub
                Adalah perangkat jaringan komputer yang paling sederhana. Hub sangat mempengaruhi proses koneksi  antar komputer sehingga jika hub mengalami kerusakan maka seluruh jaringan komputer akan terputus dan terganggu.  Hub berfungsi untuk menerima sinyal dari sebuah komputer dan sebagai titik pusat yang menghubungkan ke seluruh komputer dalam jaringan tersebut.  Hub juga berperan sebagai memperkuat sinyal kabel UTP, konsentrator dan penyambung. Berdasarkan fungsinya Hub terbagi menjadi 2 jenis Hub yaitu sebagai berikut :
1. Hub Pasif, berfungsi sebagai pembagi atau pemisah jaringan. Tetapi Hub pasif tidak bisa berperan sebagai penguat sinyal sehingga tidak membutuhkan tenaga listrik tambahan.
2.Hub Aktif,  berfungsi sebagai penghubung jalur secara fisik dan penguat sinyal dalam jaringan. Akan tetapi membutuhkan tenaga listrik tambahan untuk bisa bekerja.

Fungsi Hub :
1. Memfasilitaaskan penambahan penghilangan atau penambahan workstation.
2. Workstation menambah jarak (fungsi repeater)
3. Menyediakan fleksibilitas dengan mensupport interface yang berbeda.
4. Memberikan manajemen service yang tersedia






2. Switch
         Adalah perangkat cerdas yang memetakan alamat IP dengan alamat MAC dari LAN card. Switch tidak dapat menyampaikan data ke semua komputer, namun hanya dapat mengirimkan paket data ke komputer yang di tujukan. Switch di gunakan pada LAN, MAN, WAN. Dalam sebuah jaringan Ethernet, komputer secara langsung terhubung dalam switch melalui kabel twisted pair. Dalam jaringan switch menggunakan tiga metode untuk mengirimkan data  yaitu, store and forward, cut through dan fragment free.

Fungsi Switch :
Menghubungkan kabel UTP (kategori 5/5e) komputer yang satu dengan komputer yang lain.

Keuntungan menggunakan switch :
  • Performance : Karena sistem tertentu yang melekat pada switch hanya melihat informasi secara eksplisit ditujukan kepada NIC, ada sedikit overhead waktu yang dihabiskan membuang paket yang tidak perlu membaca setiap NIC mendapatkan paket sendiri dikirimkan ke switch secara independen satu sama lain terikat dengan NIC beralih. Hemat kabel, karena kabel straight atau cross yang sudah ada dapat digunakan di switch
Kekurangan menggunakan switch :
  • Harga sedikit lebih mahal daripada HUB dikarenakan switch adalah perkembangan dari HUB
  • Hanya dapat menggunakan kabel straight, jadi bila ingin menggunakan kabel cross yang sudah ada harus diubah menjadi kable straight terlebih dahulu.






3. Router
                Adalah perangkat jaringan komputer yang di gunakan untuk manghubungkan 2  jaringan yang berbeda. fungsi utama router adalah untuk pemilahan dan distribusi dari paket data untuk berbagai tujuan mereka berdasarkan alamat IP paket data tersebut.

Fungsi Router :
sebagai penghubung antar 2 atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari jaringan satu ke jaringan lainya.

Jenis - Jenis Router :

1) PC Router :
               Pengertian PC router adalah sebuah komputer yang dimodifikasi sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai router. Untuk membuat sebuah PC router tidak harus menggunakan komputer dengan spesifikasi yang tinggi. Komputer dengan prosesor pentium dua, hard drive 10 GB dan ram 64 serta telah tersedia LAN Card sudah bisa digunakan sebagai PC router. Komputer yang dijadikan router ini harus diinstal dengan sistem operasi khusus untuk router. Sistem operasi yang populer untuk PC router saat ini adalah Mikrotik.


2) Dedicated Router 
               Dedicate Router adalah router yang model dan fungsinya sudah di tentukanoleh vendor, user dapat melakukan konfigurasi terhadap router tersebut, namuntidak dapat mengubah port pada router tanpa seizin vendor.Vendor yang biasa memproduksi dedicated router diantaranya Cisco,BayNetworks, 3Com, dll. Namun, dari sekian banyak vendor yang ada, VendorDedicated Router yang paling populer adalah Cisco.Alasan mengapa orang ataupun lembaga/perusahaan menggunakandedicated router adalah sebagai berikut :


1.Stabilitas. Karena lebih spesifik melakukan tugas sebagai router dari padasebuah PC yang melakukan     
   tugas sebagai router.
2.Memiliki banyak alternatif koneksi.
3.Keamanan karena mendukung pemfilteran paket data.

 Kelebihan Dedicate Router :
  • Kemudahan, karena dioperasikan menggunakan Internetwork OperatingSystem (IOS).
  • Praktis dan fleksibel dalam penempatan.
Kekurangan Dedicate Router :

  • Harganya relative lebih mahal
  • Untuk yang Non modular router Port dan interfacenya sudah ditentukan, jadikita tidak dapat menambahnya.

Dedicated Router ada 2 macam, yaitu:
             1) Modular Router
             2) Non Modular RouterPerbedaannya:Pada Modular router, kita dapat menambah atau mengurangi interface padarouter sewaktu-waktu. tetapi pada Non modular router, interfacenya tidak dapat ditambah/dikurangi karena sudah ditetapkan oleh vendor.






 4. Repeater
                Adalah suatu alat yang berfungsi sebagai memperluas jaringan WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. Perangkat repeater memiliki 2 alat yaitu sebagai penerima server (client) dan sebagai penyebar sinyal WIFI (accespoint).

Fungsi Repeater :
1. Untuk mengover daerah yang lemah sinyal dari server.
2. Untuk memperjauh sinyal dari server
3. Untuk mempermudah akses sinyal Wifi dari server




5. NIC (network interface controller)
                Adalah sebuah artu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Tugas NIC adalah mengubah aliran paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat di transmisikan diatas media jaringan.

Fungsi NIC :
1. Media pengirim data ke komputer lain di dalam jaringan
2. Mengontrol data flow antar komputer dan sistem kabel
3. Menerima data yang di kirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkanya kedalam bit yang dimengerti oleh komputer.






6. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)
                Adalah jenis kabel yang terbuat dari bahan penghantar tembaga, memiliki isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang mampu melindungi dari api dan kerusakan fisik.
                Tipe kategori Kabel UTP / Unshielded Twisted Pair :
- Kategori 1 : Untuk koneksi suara / sambungan telepon/telpon.
- Kategori 2 : Untuk protocol localtalk (Apple) dengan kecepatan data hingga 4 Mbps.
- Kategori 3 : Untuk protocol ethernet dengan kecepatan data hingga 10 Mbps.
- Kategori 4 : Untuk protocol 16 Mbps token ring (IBM) dengan kecepatan data hingga 20 Mbps.
- Kategori 5 : Untuk protocol fast ethernet dengan kecepatan data hingga 100 Mbps.
Susunan kabel berdasar TX dan RX
Crossover / cross cable adalah kabel yang secara manual maping signal output pada satu konektor ke input di konektor yang satu nya lagi atau TX + dari satu konektor di Maping ke RX + di konektor yang lain dan TX – di konektor yang satu ke RX – di konektor yang lain.

Fungsi Urutan Kabel TX-RX
Ø  Cross cable biasa dipakai untuk koneksi dari PC to PC / PC to Router, Pokoknya semua koneksi dari alat yang biasanya koneksi melalui switch atau hub tetapi dipasang secara langsung.
Ø  Straight cable , anda tidak perlu repot memikirkan cross over anda cukup menyamakan posisi kabel di satu sisi dengan sisi lainnya. Straight cable biasa dipakai untuk koneksi dari PC to Hub / Swicth atau sebaliknya.
Dalam pengkabelan jaringan komputer ada dua macam konfigurasi pengkabelan yaitu:
1.     
         1.   Kabel straight :
Kabel stright: kabel straight adalah kabel yang sangat simpel karena untuk konfigurasi nya adalah tetap. kabel ini digunakan untuk jaringan yang melewati hub atau antar komputer tidak terhubung langsung tapi melewati sebuah media. biasanya kabel ini digunakan untuk jaringan lokal dengan hub sebagai perantaranya. jadi intinya adalah antara pin yang satu dengan ujung yang lain urutan kabel nya sama yaitu : putih orange, orange, putih hijau, biru, biru putih, hijau, putih coklat, coklat.








2.    2.    Kabel cross :
Kabel cross: kabel ini berbeda dengan kabel straight biasanya di gunakan untuk jaringan point to point atau hub pc ke pc secara langsung tanpa melewati media lain. dan antara urutan kabel pada ujung satu dengan ujung yang lain berbeda.

 





0 komentar:

Posting Komentar