PENGERTIAN & KONSEP OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)
A. Pengertian OOP (Object
Oriented Programming)
OOP
(Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi
kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan
program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari.
B. Konsep
OOP (Object Oriented Programming)
1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
2. Enkapsulasi (encapsulation)
3. Polimorfisme (polymorphism)
] Class
merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk
menciptakan suatu instant dari object. class juga merupakan grup suatu
object dengan kemiripan attributes/properties,
behaviour dan relasi ke object lain.
Anggota Class terdiri dari :
1. atribut
2. Method
1. atribut
2. Method
Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
Contoh :
public class
ApaMotormu {
public static
void main(String[] args){
Motor
punyaku=new Motor();
punyaku.motorku();
}
}
] Encapsulation
Mengemas suatu objek
sehingga pada saat kita akan memakai objek tersebut kita tidak perlu lagi tahu
tentang detail bagaimana suatu action itu terjadi.
Contoh :
class Siswa
{
String nama;
String nim;
void isiData ( String
namaku,String nimku )
{
nama = namaku;
nim = nimku;
}
String ambilNama()
{
return nama;
}
String ambilNim()
{
return nim;
}
}
public class
Mahasiswa
{
public static void
main ( String [] args)
{
Siswa mahasiswa_itn =
new Siswa(); //membuat variable instant
mahasiswa_itn.isiData(“Dina
Damayanti”,”0412585″);
System.out.println(
“Nama : ” + mahasiswa_itn.ambilNama());
System.out.println(
“Nim : ” + mahasiswa_itn.ambilNim());
}
}
]Polymorphism
yaitu suatu object
bisa bertindak lain terhadap message/method yang sama.
Contoh :
class Binatang
{
public void info()
{
System.out.println(”
Info tentang Hewan : “);
}
}
class Herbivora
extends Binatang
{
public void info()
{
System.out.println
(“Info pada herbivora: Memakan makanan berupa tumbuh – tumbuhan”);
}
}
class Kelinci extends
Herbivora
{
public void info()
{
System.out.println(“Info
pada Kelinci: Memakan makanan berupa wortel”);
}
}
public class
Polimorfisme
{
public static void
main(String[] args)
{
Herbivora herbivora;
Kelinci kelinciku;
Binatang hewan;
herbivora=new
Herbivora();
kelinciku=new
Kelinci();
hewan=herbivora;
hewan.info();
hewan=kelinciku;
hewan.info();
}
}
] Objek
adalah instance dari class. Jika class secara umum
merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.
Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dll.
Ø
Contoh :
public
class Peliharaanmu{
public static
void main(String[] args){
Hewan
punyaku=new Hewan();
punyaku.hewanku();
}
}
Sumber: http://blog.ub.ac.id/home/pengertian-dari-oop-class-method-behavior-dan-constructor/comment-page-1/
0 komentar:
Posting Komentar