Minggu, 10 Agustus 2014

PENGERTIAN & KONSEP OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)

PENGERTIAN & KONSEP OOP (OBJECT ORIENTED PROGRAMMING)


A.  Pengertian OOP (Object Oriented Programming)
OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari.

B. Konsep OOP (Object Oriented Programming)
      1. Kelas Abstrak (Class Abstraksi)
      2. Enkapsulasi (encapsulation)
      3. Polimorfisme (polymorphism)

]  Class 
merupakan suatu blueprint atau cetakan untuk menciptakan suatu instant dari  object. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.
Anggota Class terdiri dari :
1. atribut
2. Method

Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.
 Contoh   :

public class ApaMotormu {
public static void main(String[] args){     
Motor punyaku=new Motor();
punyaku.motorku();
}
}



 ] Encapsulation
Mengemas suatu objek sehingga pada saat kita akan memakai objek tersebut kita tidak perlu lagi tahu tentang detail bagaimana suatu action itu terjadi.
Contoh :

class Siswa
{
String nama;
         String nim;
         void isiData ( String namaku,String nimku )
         {
         nama = namaku;
         nim = nimku;
         }
        String ambilNama()
        {
         return nama;
        }
         String ambilNim()
        {
         return nim;
         }
         }
         public class Mahasiswa
        {
        public static void main ( String [] args)
        {
       Siswa mahasiswa_itn = new Siswa(); //membuat variable instant
       mahasiswa_itn.isiData(“Dina Damayanti”,”0412585″);
       System.out.println( “Nama : ” + mahasiswa_itn.ambilNama());
       System.out.println( “Nim : ” + mahasiswa_itn.ambilNim());
        }
        }

                        ]Polymorphism
        yaitu suatu object bisa bertindak lain terhadap message/method yang sama.

  Contoh :

class Binatang
{
public void info()
{
System.out.println(” Info tentang Hewan : “);
}
}
class Herbivora extends Binatang
{
public void info()
{
System.out.println (“Info pada herbivora: Memakan makanan berupa tumbuh – tumbuhan”);
}
}
class Kelinci extends Herbivora
{
public void info()
{
System.out.println(“Info pada Kelinci: Memakan makanan berupa wortel”);
}
}
public class Polimorfisme
{
public static void main(String[] args)
{
Herbivora herbivora;
Kelinci kelinciku;
Binatang hewan;
herbivora=new Herbivora();
kelinciku=new Kelinci();
hewan=herbivora;
hewan.info();
hewan=kelinciku;
hewan.info();
}
}

] Objek
 adalah instance dari class. Jika class secara umum merepresentasikan
(template) sebuah object, sebuah instance adalah representasi nyata dari class itu
sendiri.

Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dll.
Ø  Contoh :

       public class Peliharaanmu{

public static void main(String[] args){
Hewan punyaku=new Hewan();
punyaku.hewanku();
}
}


Sumber: http://blog.ub.ac.id/home/pengertian-dari-oop-class-method-behavior-dan-constructor/comment-page-1/

0 komentar:

Posting Komentar